Kamis, 23 Juni 2011

Enzim....Preman dari mana tu????

Enzim???Apa itu??Binatang apa itu?Preman dari mana tu??Mungkin dari sekian banyak pembaca sudah ada yang paham dan mengerti banyak tentang Enzim. Setelah “jalan-jalan” di dunia maya akhirnya bisa didapat berbagai informasi tentang enzim. Ternyata enzim bukan binatang atau nama preman yang sering nongkrong di perempatan he..he..he... Enzim adah unsure utama yang sangat dibutuhkan,mutlak harus ada, dalam setiap reaksi kimia sekecil apapaun dalam tubuh. Kalo gak ada enzim tidak akan ada reaksi-reaksi kimia tersebut.

Enzim adalah katalis protein yang dibentuk di dalam sel-sel makhluk hidup. Singkatnya enzim adalah sebuah unsur yang diperlukan oleh makhluk hidup agar dapat hidup. ยบ% Contoh : sebuah kuncup tumbuh ari biji tanaman karena adanya enzim yang bekerja. Enzim juga yang bekerja ketika kuncup itu tumbuh menjadi sehelai daun. Aktivitas tubuh manusia juga didukung oleh banyak enzim. Pencernaan dan penyerapan, metabolisme sel-sel lama yang diganti oleh sel-sel baru, penguraian racun dn detoksifikasi, semua adalah hasil fungsi enzim. Setiap enzim hanya memiliki satu fungsi.

Enzim bertanggung jawab atas seluruh fungsi makhluk hidup. Gerakan jari tangan, pernafasan, dan degup jantung, semua aktifitas berkat kerja enzim. Namun, sistem ini akan menjadi tidak efisien jika setiap enzim yang digunakan untuk suatu aktivitas tertentu diproduksi dalam bentuk finalnya dari permulaan, tanpa memperdulikan kebutuhan tubuh yang terus berubah-ubah (Teori Dr. Hiromi Shinya, MD tentang enzim).
Dr. Edward Howell juga menyatakan bahwa Enzim adalah unsure paling utama dalam tubuh yang menentukan keberlangsungan hidup. Enzime juga dibutuhkan dalam setiap reaksi kimia dalam tubuh. Vitamin, mineral dan hormone tidak akan berfungsi sama sekali tanpa enzim. Sederhananya, enzim sama dengan “tenaga kerja” yang bertugas membantu tumbuh kembang tubuh kita. Sama seperti buruh bangunan yang dibutuhkan dalam membangun rumah atau bangunan tertentu. Apa pun yang telah anda siapkan untuk membangun konstruksi tertentu (batu,semen, besi, kayu,dll) tidak akan berguna kalau tidak ada buruh atau tenaga kerja yang membangun konstruksi tersebut. Demikian juga tubuh kita, berbagai nutrisi, vitamin, protein, mineral.dll yang dibutuhkan oleh tubuh tetap membutuhkan ENZIM – Element Kehidupan-yang membuat kita bisa hidup dan menjadi sehat selalu.
Jadi tanpa enzim??? Ya gak ada kehidupan….. So please remember There is no live without Enzymes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar